- See more at: http://seo-xp.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-efek-salju-daun-berjatuhan.html#sthash.zfcaTmFs.dpuf

Blogger Cursor by Tutorial Blogspot

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger Cursor by Tutorial Blogspot

RSS

contoh laporan PKL

 
  LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
PT.KRAKATAU BANDAR SAMUDRA





Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Dalam Rangka
Pengalaman Kerja Lapangan Guna Mengikuti
UJIAN AKHIR NASIONAL ( UAN )
Pada Yayasan
SMK YABHINKA CILEGON
Tahun Ajaran 2012 / 2013





Di Susun Oleh :

Nama                               : Sudarnita
Nis                                    : 1114340
Jurusan                           : Teknik Komputer Jaringan



Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Dan Industri
SMK YABHINKA CILEGON
Jl.Pasar Baru No.68 Jombang Wetan - Cilegon
        Email : smkyabhinkacilegon@yahoo.com



  LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI
PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDERA







Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat
 Dalam Rangka
Pengalaman Kerja Lapangan Guna Mengikuti UAN
Pada Yayasan SMK YABHINKA CILEGON
Tahun Ajaran 2012 / 2013









Di Susun Oleh :

Nama                               : Sudarnita
Nis                                    : 1114340
Jurusan                           : Teknik Komputer Jaringan




Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Dan Industri
SMK YABHINKA CILEGON
Jl.Pasar Baru No.68 Jombang Wetan - Cilegon
        Email : smkyabhinkacilegon@yahoo.com



LEMBAR PENGESAHAN

DISETUJUI DAN DISYAHKAN OLEH PIHAK
SEKOLAH SMK YABHINKA CILEGON
     Pada Tanggal : .....................................



Mengetahui :




              Guru Pembimbing






( Didit Kuswanto )











Wali Kelas






( Beben J.MT S.KOM )


KEPALA SMK YABHINKA CILEGON
                                                                                             




( WAHYU SEPTIKA, S.IP )








LEMBAR PENGESAHAN

DISETUJUI DAN DISYAHKAN OLEH PIHAK
PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDERA
Pada Tanggal : .............................


Menyetujui :

Koordinator PRAKERIN





( Niko Dimas Saputro )





    PEMBIMBING I                                            PEMBIMBING II





                 ( M. Tsabit  )                                          ( Junaedi Supriatna )


                                                     Menyetujui :


                                              Kadep Pengadaan




                                            ENDANG BADRUDIN







                       IDENTITAS SISWA
          
    B  Nama Siswa                 : Sudarnita
    B Jenis Kelamin               : Perempuan
B Nomor Induk                  : 1114340
B Tingkat/Program           : Teknik Komputer Jaringan
B Sekolah                          : SMK YABHINKA CILEGON
B Alamat Sekolah             : Jl. Pasar Baru No. 68 Jombang
                                            Wetan - Cilegon
B Telpon /Fax/E-Mail        : sudarnita@yahoo.com
    B Tempat/Tgl/Lahir           : Cilegon, 12 Januari 1996
B Golongan Darah           : -
    B Alamat Rumah               : JL. Fatahillah Kp. Serang ilir RT 07
    B Agama                            : Islam
B Nama Orang Tua                  :* Ayah      :  Edi Supriadi
                                             * Ibu         :  Sri Hartati
   B Catatan kesehatan       : Sehat/ Baik  





                                                          Cilegon, April 2013
                                                          Kepala Sekolah
                                                          SMK YABHINKA CILEGON





                                                             WAHYU SEPTIKA S.IP








IDENTITAS DUNIA USAHA /  INSTANSI

                     
2 Nama Du / Di Instansi         : PT. KRAKATAU BANDAR
                                                   SAMUDERA.
2 Jenis Usaha                         : Jasa Pelabuhan
2 A l a m a t                             : Jl. May. Jend.S Parman Km.13 
                                                  Cigading, Cilegon – B a n t e n.
2 No. Telp / Fax                      : (0254) 311121 / 311178
2 Bagian / Divisi / Seksi         : Pengadaan
2 Kadep Pengadaan              : Bpk. Endang Badrudin
2 Kabid pembelian                 : Bpk. Ahmad Amal
2 Kabid Perenc. Pengadaan   : Bpk. Anwar Setiawan
2 Pembimbing PRAKERIN    :     
1.   Bpk. M. Tsabit
2.   Bpk. Junaedi supriatna
2 Lamanya PRAKERIN         : 1 Bulan
2 Sejak Tanggal                     : 1 April s/d 30 April 2013
                            
JAM KERJA :

          Senin-Kamis :
AJam Masuk           : 08.00 WIB
AJam Istirahat        : 12.00 – 13.00 WIB
AJam Pulang          : 16.30 WIB
Jum’at :
AJam Masuk           : 08.00 WIB
AJam Istirahat        : 11.30 – 13.00 WIB
AJam Pulang          : 17.00 WIB






KATA  PENGANTAR


Assalammua’laikm Wr. Wb.

Puji Dan syukur kita panjatkan kehadirat ilahi robbi, karena berkat rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan laporan Praktek kerja Industri (PRAKERIN).  Laporan ini hasil PRAKERIN selama 1 Bulan Di PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDERA.
                                            
Saya/Penyusun menyadari bahwa laporan ini belum sempurna karena masih dalam tahap belajar. Penyusun sangat berterima kasih terhadap orang-orang yang telah memberikan pengarahan dan dukungannya, Diantaranya :

1.           Bpk. Wahyu Septika, S.IP  selaku Kepala Sekolah SMK Yabhinka
cilegon
2.          Bpk. Didit Kuswanto  selaku pembimbing SMK YABHINKA Cilegon
3.          Bpk. Beben J.MT selaku wali kelas 2 TKJ
4.          Bpk. Endang Badrudin selaku Kadep Pengadaan
5.          Bpk. M Tsabit selaku Pembimbing I di Bag. Pengadaan
6.          Bpk. Junaedi Supriatna Selaku Pembimbing II di Bag. Pengadaan
7.          Bpk. Niko Dimas S. selaku koordinator PRAKERIN di PT. KBS
8.          Bpk / Ibu Guru turut membantu hingga terselesaikannya laporan ini yang mana tidak bisa saya buat satu persatu
9.          Seluruh Karyawan PT. KRAKATAU BANDAR SAMUDERA yang turut membantu pula dalam melaksankan Praktek Kerja Industri, sehinnga bisa saya dapat menyelessaikan laporan ini dengan baik.
10.       Bpk / Ibu saya yang tidak pernah bosan – bosannya mendoakan saya
11.       Teman – teman seperjuangan di sekolah maupun di luar sekolah yang tidak bisa sebutkan satu persatu.
Laporan ini sangat bermanfaat Dan dapat membantu kita tentang wawasan mengenai dunia usaha. Penyusun mengharapkan saran Dan kritiknya yang bersifat membangun, karena dalam laporan ini masih banyak kekurangannya.

                                                                                        Cilegon, 30 April 2013
                                                                                                Penyusun    



                                                                                     Sudarnita
       
               
DAFTAR ISI

Sampul Depan / Halaman Judul…………………………………………………..I
Lembar Pengesahan………………………………………………………………..II
Identitas Siswa……………………………………………………………………... .III
Identitas Perusahaan………………………………………………………………        IV
Kata Pengantar……………………………………………………………………....V
Daftar isi……………………………………………………………………………... VI   

BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang…………………………………………………………………. ..9
1.2 Tujuan……………………………………………………………………………        10
1.3 Manfaat………………………………………………………………………….. 11
1.4 Tujuan penyusun Laporan PRAKERIN…………………………………….       11
1.5 Waktu pelaksanaan PRAKERIN…………………………………………….. 11

BAB 2 TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN………………………………………        12

BAB 3 LAPORAN KEGIATAN PRAKERIN……………………………………... 23

BAB 4 PENUTUP……………………………………………………………………       27

LAMPIRAN …………….……………………………………………………………. 28












BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Praktek Kerja Indutri (PRAKERIN) adalah suatu bentuk penyelenggaraan dari sekolah yang memadukan secara sistematik dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dan program pengusahaan yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung di dunia kerja untuk mencapai suatu tingkat keahlian profesional. Dimana keahlian profesional tersebut hanya dapat dibentuk melalui tiga unsur utama yaitu ilmu pengetahuan, teknik dan kiat. Ilmu pengetahuan dan teknik dapat dipelajari dan dikuasai kapan dan dimana saja kita berada, sedangkan kiat tidak dapat diajarkan tetapi dapat dikuasai melalui proses mengerjakan langsung pekerjaan pada bidang profesi itu sendiri. Pendidikan Sistem Ganda dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang profesional dibidangnya. Melalui Pendidikan Sistem Ganda diharapkan dapat menciptakan tenaga kerja yang profesional tersebut. Dimana para siswa yang melaksanakan Pendidikan tersebut diharapkan dapat menerapkan ilmu yang didapat dan sekaligus mempelajari dunia industri. Tanpa diadakannya Pendidikan Sistem Ganda ini kita tidak dapat langsung terjun ke dunia industri karena kita belum mengetahui situasi dan kondisi lingkungan kerja.
`Ada beberapa peraturan tentang Paktek Kerja Industri (PRAKERIN) dan putusan Menteri. Adapun peraturan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
Tercantum pada UU. No. 2 tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional yaitu untuk menyiapkan peseta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Peraturan Pemerintah No. 29 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik sebagai anggota masyarakat dalam mengadakan hubungan timbal balik dengan lingkungan sosial, budaya, alam sekitar, dan meningkatkan pengetahuan peserta didik untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi dan untuk

mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) serta kebudayaan.
Peraturan pemerintah No. 39 tahun 1992 tentang peran serta masyarakat dalam Pendidikan Nasional, serta Keputusan Menteri No. 0490/1993 tentang Kurikulum SMK yang berisi bahwa “Dalam melaksanakan pendidikan dilaksanakan melalui dua jalur yaitu Pendidikan didalam sekolah dan Pendidikan diluar sekolah”.

1.2 Tujuan Pendidikan Sistem Ganda

Tujuan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah sebagai berikut :
1.  Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang berharga, dan memperoleh masukan serta umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan dan kenyataan yang ada di lapangan.
2.   Meningkatkan pengetahuan siswa pada aspek-aspek usaha yang professional dalam lapangan kerja antara lain struktur organisasi, jenjang karir dan teknik.
3.   Untuk mencapai Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YABHINKA
4.    Mengimplementasikan antara pendidikan disekolah dan diluar sekolah.
5.    Untuk memperkenalkan siswa pada dunia usaha.
6.    Menumbuhkan dan meningkatkan sikap profesional yang di perlukan siswa    untuk memasuki dunia usaha.
7.    Memperkokoh link and mact antara SMK dan dunia kerja.

1.3 Manfaat
                                     
   Adapun manfaat dari Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) manfaatnya adalah sebagai berikut :
1.  Dapat mengenali suatu pekerjaan industri dilapangan sehingga setelah selesai dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YABHINKA dan terjun kelapangan kerja industri dapat memandang suatu pekerjaan yang tidak asing lagi baginya.
2.  Dapat menambah keterampilan dan wawasan dalam dunia usaha yang professional dan handal.


3.  Untuk mengasa keterampilan yang telah diberikan disekolah dan juga sesuai dengan Visi dan Misi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YABHINKA.
4.  Dapat menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan pekerjaan.

1.4 Tujuan Penyusunan Laporan Setelah melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) adalah:
1.    Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti   Praktek Kerja   Industri.
2.    Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
3.    Menambah perbendaharaan perpustakaan Sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
4.     Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
5.     Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang di lakukan di DU/DI (Dunia Industri).
6.    Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti praktek di dunia Usaha/Industri.

1.5.  Tempat dan waktu pelaksanaan PRAKERIN
1.  Adapun penempatan ataupun lokasi praktek kerja industri ataupun prakerin yang   terdapat di perusahaan/instansi di kawasan PT KRAKATAU BANDAR SAMUDERA yang beralamatkan di  JL. MAY JEND. S. PARMAN KM 13 CIGADING 42435  CILEGON-BANTEN
2. Waktu pelaksanaan praktek kerja industri atau prakerin untuk SMK YABHINKA adalah 1 bulan yaitu mulai tanggal 01 April sampai dengan tanggal 30 April 2013.






BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

A. SEJARAH BERDIRINYA PT. KBS

Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan dunia Industri di Indonesia yang semakin maju .PT.KS sebagai Produsen Baja terbesar dikawasan Asia Tenggara dituntut untuk meningkatkan Efektifitas kerjanya. Dengan produsen baja dari negara lain maupun kualitas sumber daya manusia

Salah satu kendala yang dihadapi untuk mencapai target diatas adalah keahlian karyawan,kondisi seperti ini menyebabkan biaya yang dikeluarkan perusahaan lebih besar dibandingkan dengan produk yang dihasilkan. Pada gilirannya akan membahayakan kelangsungan perusahaan .

Direksi  PT.KS pada tanggal 1 April 1995 mengambil kebijaksanaan yaitu dengan langkah perampingan organisasi ( Restukturisasi ) di seluruh unit kerja selama ini merupakan unit pendukung seperti: PLTU,RSKS,Unit Distribusi Air,dan Pelabuhan Khusus Cigading,dipindahkan dari organisasi induk (KS) menjadi Anak perusahaan.

 PT.KBS berdiri pada tanggal 24 Mei 1995. Pada masa  pembangunan ini usaha-usaha pengembangan terus dilakukan dipelabuhan khusus Cigading,salah satunya adalah mengembangkan dan mempersiapkan pelabuhan khusus Cigading dalam memasuki Era Globalisasi dengan ini menjadi Visi” penyedia jasa kepelabuhanan kelas dunia” dan Misi “ menyediakan jasa kepelabuhanan, yang menunjang kompetisi  PT.Krakatau Steel dan mendukung pertumbuhan industri pada daerah-daerah sekitarnya melalui pelayanan jasa pelabuhan yang kompetitif dengan mengutamakan mutu dan efisiensi.

Karena pelabuhan khusus Cigading adalah merupakan satu-satunya pelabuhan di indonesia yang mempunyai dermaga dengan kedalaman air mencapai 20 m LWS. Serta dapat menambatkan kapal yang mempunyai posisi sangat strategis yaitu : mempunyai daerah Hinterland seperti Tanggerang,Bekasi yang mempunyai banyak pabrik-pabrik industri terutama industri baja sangat mendukung perkembangan pelabuhan khusus Cigading.





C.Visi, Misi, Tujuan dan Kebijakan Perusahaan

1. Visi Perusahaan

   “Menjadi penyedia jasa kepelabuhanan kelas dunia”


2. Misi Perusahaan
PT.Krakatau Bandar Samudera sebagai suatu pelabuhan yang mendukung kegiatan PT Krakatau Steel dan kompetisi usaha bidang industri pada daerah-daerah pendukung melalui pelayanan jasa kepelabuhanan untuk muatan curah dan peti kemas, menjadi pusat penyaluran untuk curah kering, dan menjadi kawasan pengolahan untuk memberikan nilai tambah yang mendukung produktivitas pelabuhan yang mengutamakan mutu dan efisiensi.

3.Tujuan Perusahaan                                                                              
Memelihara dan meningkatkan pelayanan baik kepada PT Krakatau Steel maupun pihak ketiga melalui usaha-usaha yang mengutamakan peningkatan efisiensi dan pelayanan.

Mendayagunakan excess capacity Pelabuhan Khusus Krakatau sebagai pelabuhan tranship lintas antar benua yang memiliki keunggulan  bersangkutan
                     
         4.Kebijakan bersangkutan

Mempertahankan dan meningkatkan daya guna Pelabuhan Khusus Krakatau dengan memupuk keuntungan melalui usaha-usaha efisiensi sumber-sumber daya yang ada serta melakukan inovasi dibidang pelayanan maupun dibidang manajmen
 ÿ Dalam menunjang misi perusahaan, dimana dukungan terhadap induk     perusahaan untuk menghasilkan sinergi antara keduanya, maka hubungan terhadap induk perusahaan PT Krakatau Steel adalah amat penting. Dengan demikian tercipta keunggulan bersaing bagi induk perusahaan melalui optimalisasi fasilitas, sumber daya dan pengetahuan yang dimiliki perusahaan.
ÿ Perusahaan akan selalu memperhatikan standar-standar kejujuran,                integritas, dan etika yang paling tinggi dalam segala aspek bisnis.
  ÿ Dalam mengemban misinya untuk mencapai tujuan, perusahaan tidak hanya mementingkan tujuan, tetapi juga sangat memperhatikan proses untuk mencapai tujuan tersebut.
 
 

 D. AKTIVITAS UMUM

PT.KBS  merupakan  anak perusahaan dari badan usaha milik negara ( BUMN )  yang dipimpin seorang Direktur Utama, Direktur Usaha dan Direktur Keuangan & SDM; dan membawahi sejumlah Departemen,yaitu :
1.    Departemen Keuangan
2.    Departemen Pelabuhan
3.    Departemen Engineering
4.    Departemen Komersial
5.    Departemen Logistik
6.    Departemen BusDev.
7.    Departemen IT.
8.    Setiap departemen dipimpin oleh seorang kepala departemen. Kepala departemen ini membawahi beberapa bidang , diantaranya adalah :
ó Bidang Pemasaran
ó Bidang Penjualan
ó Bidang Pengadaan

 

A. BIDANG PURCHASING.


Fungsi dari bidang Pengadaan adalah memenuhi kebutuhan atas permintaan barang dan jasa guna menunjang kelancaran operasi dan administrasi di perusahaan secara optimal dengan memenuhi ketentuan sistem dan prosedur yang berlaku di perusahaan dan ketentuan pengadaan barang/ jasa pada umumnya.

Dalam rangka memenuhi ketentuan standar Domest pengadaan yang transparan dan sebagai pedoman pelaksanaan pengadaan barang dan jasa baik untuk peminta barang / jasa serta rekanan / supplier yang terlibat di dalamnya, maka disusunlah Domest prosedur bidang pengadaan.
Tujuan dari penyusunan Domest dan prosedur Bidang Pengadaan adalah sebagai berikut :
1.)     Adanya peraturan yang terpadu dalam suatu keputusan tentang pelaksanaan pengadaan barang dan jasa di lingkungan PT Krakatau Bandar Samudera.
2.)     Adanya pusat-pusat kendali mulai dari perencanaan, pelaksanaan pengadaan pengawasan pemeriksaan yang akan lebih menjamin penggunaan anggaran secara tepat guna, berhasil guna, dan berdaya guna.
3.)     Adanya pedoman yang baku bagi pelaksana sehingga dapat mempermudah dan memperlancar pelaksanaan pengadaan barang dan jasa.

Ruang lingkup dari Domestic dan prosedur pengadaan barang dan jasa ini adalah keseluruhan pengadaan barang dan jasa untuk memenuhi operasional PT Krakatau Bandar Samudera, yang meliputi  :

1. Pengadaan Barang, yaitu pengadaan :
a.)Aktiva tetap, yaitu barang-barang berupa mesin/peralatan yang        dipergunakan secara  langsung dalam usaha perusahaan, dimana memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun, dan untuk kemudahannya, harga per unitnya lebih dari Rp. 500.000,-
         ~ Contoh : alat-alat berat, equipment, Domestic.

b.)Suku cadang peralatan, yaitu barang-barang yang merupakan bagian  dari peralatan/aktiva tetap utama, yang diperlukan untuk pemeliharaan fasilitas pelayanan jasa, dan dikendalikan sediaannya untuk menjamin kehandalan / perawatan dari peralatan. Mengingat nilainya yang Domestic tinggi, maka barang bekasnya pun dikendalikan, dengan batasan lebih dari Rp. 25.000,- per satuannya.
  ~ Terdiri dari 4 golongan :         
      1. Common Spare,
      2. Critical Spare,
      3. Insurance/Specific Spare
      4. Repairable / Reconditioned Spare.
      Meliputi jenis : Electric Electronic, Instrument Hidraulic/ Pneumatic Mechanical Part.

c.)Barang-barang consumable, yaitu barang-barang / material berupa bahan pembantu proses pelayanan jasa, di mana sisanya memiliki nilai ekonomis yang sangat rendah, kebutuhannya bersifat rutin.
 ~ Contoh : Office Supply, Lubricant & Grease, Chemical, Alat bantu metal/non Metal, Welding Consumables, Sealant, Gas, dll.
Baik Suku Cadang maupun consumable proses pengadaannya dikendalikan oleh Bagian Perencanaan Pengadaan.           
d.)Barang-barang Irregular, yaitu barang-barang / material bukan aktiva tetap ataupun suku cadang, yang kebutuhannya bersifat non rutin / temporary / project based, dan karenanya tidak dibenarkan untuk di stock (harus digunakan sleambat-lambatnya 3 bulan setelah penerimaan.
~ Contoh : Metal Material, Non Metal Material, Tools & Measuring Aparatus, Portable/Mini      Electrical/Mechanical Device.

2. Pengadaan Jasa, yaitu jasa-jasa yang membutuhkan perincian pekerjaan (bestek) serta      MPAJ,    secara umum antara lain :
        a.)Jasa Perawatan, yaitu jasa perawatan aktiva tetap
meliputi : Jasa Perawatan dan Perbaikan Suku Cadang / Peralatan, Jasa Perbaikan perawatan Bangunan,Jalan & Kawasan, Jasa Perawatan System.
b.)Jasa Pembangunan, yaitu jasa instalasi fasilitas penunjang operasional/aktiva tetap meliputi : Jasa Pembangunan Bangunan & Peningkatan Lahan, Jasa Instalasi Fasilitas Peralatan & System.

c.)Jasa Sewa, yaitu jasa penggunaan fasilitas atau tenaga, dengan basis periode waktu.
      ~ meliputi : JasaTenaga Kerja, Sewa Peralatan, Sewa Fasilitas/Ruang.
d.)jasa Konsultasi, yaitu jasa pemberian konsultasi atau perancangan fasilitas &    system.
      ~ meliputi : Konsultasi Hukum, Manajemen & Teknik, Jasa Design Teknik & FS.
e.)Jasa Umum, yaitu jasa-jasa non perawatan, pembangunan, sewa atau konsultasi, namun        bersifat spesifik, sehingga harus ditetapkan dahulu rincian pekerjaannya.
      ~ meliputi : Jasa Boga, Jasa Promosional, Jasa Pengurusan Dokumen, dll.

    a  Proses pengadaan barang / jasa dapat dilaksanakan melalui :
1.    Proses Pelelangan
1.               Proses Pengadaan / Penunjukkan langsung
2.    Proses uang muka.

B. Dokumen-dokumen yang terlibat dalam proses Pengadaan   barang / jasa adalah :

 

  ÿ Memo Realisasi Anggaran :

è persetujuan realisasi anggaran dari Direktorat Keuangan dan SDM, berdasarkan anggaran yang diajukan oleh unit-unit operasional sebelumnya. Yaitu :

a.BUDGET REALIZATION,
untuk pengadaan fasilitas / barang aktiva tetap
b. BUDGET REALIZATION,
Untuk pengadaan jasa-jasa umum atau sewa yang bersifat regular.
c. BUDGET REALIZATION,
Untuk pengadaan jasa-jasa perawatan Aktiva Tetap
d. BUDGET REALIZATION,
Untuk pengadaan barang & jasa yang harus diadakan dengan salah satu dari tiga Memo Realisasi anggaran di atas, namun tidak dianggarkan sebelumnya.

e. BUDGET REALIZATION,
Untuk penambahan kekurangan anggaran yang sebelumnya diajukan, yang dalam hal ini diakibatkan antara lain :
ó Kesalahan dalam perhitungan / adanya pekerjaan yang harus  ditambahkan
ó Terjadinya perubahan kondisi ekonomi & moneter, yang menyebabkan kenaikan harga secara signifikan.
ó Perubahan spesifikasi yang terpaksa yang harus dilakukan untuk penyesuaian.

 

ÿ Material Requisition :

è dokumen yang digunakan oleh user untuk memperoleh barang-barang operasi, baik berupa Suku Cadang maupun Consumable, yang disetujui oleh pejabat user yang berwenang.

ÿ Purchase Request :

è dokumen yang digunakan user untuk meminta barang-barang project, baik untuk keperluan project ataupun temporer.

  ÿ Purchase Planning

è dokumen yang digunakan Bidang Pengadaan untuk persetujuan rencana pembelian barang & jasa, meliputi penetapan spesifikasi, harga patokan, rekanan yang diundang, dan jadwal pembelian.

      ÿ Material Issue Ticket

è dokumen yang diterbitkan perencanaan pengadaan untuk mengambil barang-barang yang tersedia di gudang, berdasarkan material requisition yang disetujui user (pengambil).

    ÿAktiva Tetap

è barang-barang berupa peralatan yang dipergunakan secara langsung dalam usaha perusahaan, memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun, merupakan barang
modal utuh (berdiri sendiri). Nilainya ditetapkan lebih dari Rp. 500.000,- per unitnya.

   

   ÿ Barang Operasi (Reguler)

è barang penunjang kelancaran kegiatan operasi, pemakaiannya berkelanjutan dan dapat diperhitungkan sebelumnya, terdiri atas Barang Suku Cadang dan Consumable. Barang-barang operasi proses perencanaan pengadaan dan pengendalian sediaannya dilakukan oleh bagian Perencanaan Pengadaan. Secara umum, dikategorikan tiga kelas, yaitu :
1Fast Moving, pemakaian lebih dari3 kali pengambilan per tahun
1Sporadic, pemakaian 2-3 kali pengambilan per tahun
1Slow Moving, pemakaian kurang dari 2 kali pengambilan per tahun
·        Suku Cadang adalah barang-barang yang digunakan untuk merawat aktiva tetap peralatan usaha, dimana sisanya masih bernilai ekonomis
·        Consumable adalah bahan pembantu yang digunakan untuk operasional peralatan usaha, dimana sisanya tidak memiliki nilai ekonomis.

 

    ÿ Barang Proyek (Non Reguler)

è barang/material bukan aktiva tetap atau suku cadang, yang demand nya bersifat non rutin/temporary/project based, karenanya tidak dibenarkan untuk di stock (harus digunakan paling lambat 3 bulan setelah penerimaan).

  ÿ Jasa
        a.Jasa Perawatan, yaitu jasa diperlukan guna merawat aktiva tetap,                                                             
terdiridari :
• Jasa Perawatan Alat Bongkar Muat, seperti perawatan boogie, perawatan motor, Pembersihan debu conveyor, dll.
• Jasa perawatan bangunan&prasarana, seperti perbaikan jalan, gedung dll.
b. Jasa Pembangunan, berjasa yang dibutuhkan untuk mengadakan material dan       menginstalasi aktiva tetap, terdiri dari atas :
      Ë Jasa Instalasi Peralatan Komputer / Mekanik /Electrik /Elektronik/Telekomunikasi.
      Ë Jasa Instalasi Bangunan & Fasilitas Sipil.

1.    Jasa Konsultan, berupa pemberian konsultasi dimana kualifikasi dan prokualifikasi rekanannya ditentukan lain (dapat berupa badan usaha maupun perorangan), dengan proses pengadaan langsung. Dalam hal ini bestek / pelaksanaan konsultasi diberikan kepada konsultan tersebut, terdiri atas :
& Jasa Konsultasi Hukum
& Jasa Konsultasi Teknik
& Jasa Konsultasi Manajemen
& Jasa Pelatihan&Pengembangan SDM

2.    Jasa Persewaan & Pengangkutan, berupa persewaan peralatan (termasuk alat-alat berat dan transportasi) yang digunakan untuk kegiatan operasional perusahaan, dimana digunakan satuan waktu atau satuan tertentu yang ditentukan dahulu oleh user, antara lain :
2  Jasa Persewaan Peralatan Mekanik/Elektrik.
2  Jasa Persewaan alat-alat berat (Darat&Air)
2  Jasa Persewaan Bangunan & Lahan
2  Jasa Pengangkutan
2  Bagi hasil jasa kerjasama operasi peralatan.

3.    Jasa Ketenagakerjaan (Labour Supply), berupa penyediaan tenaga kerja guna kelangsungan kegiatan operasional perusahaan, baik yang bersifat penggunaan tenaga kerja jangka pendek (bulanan) atau dengan kontrak jangka panjang (tahunan).
• Jasa Tenaga Kerja Terampil&Akhli.
• Jasa Tenaga Kerja Kasar.
• Kerjasama tenaga bantu pelayanan jasa (temporer).

ô Kondisi Darurat.
       Yaitu apabila memenuhi salah satu atau beberapa kriteria berikut ini :
1.    Menyangkut keselamatan Jiwa Manusia.

Adalah kerusakan atau gangguan pada peralatan utama dari atau penunjang pelayanan jasa yang apabila tidak diperbaiki sesegera mungkin dapat langsung menimbulkan insiden kecelakaan kerja yang mengancam keselamatan jiwa pekerja dan atau orang disekitar tempat kerja.

2.    Menyangkut Keselamatan Asset Perusahaan.

Adalah kerusakan atau gangguan yang berakibat pada asset utama atau penunjang pelayanan jasa yang apabila tidak diperbaiki sesegera mungkin dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah yang mempengaruhi operasi.





3.    Mengakibatkan atau mengharuskan berhentinya operasi.

Adalah kerusakan atau gangguan pada peralatan utama dan atau penunjang pelayanan jasa yang langsung mengakibatkan atau mengharuskan berhentinya operasi atau pelayanan, sehubungan dengan kriteria a dan b tersebut diatas.

C. Istilah – istilah dalam transaksi di dalam Prosedur    
   Pengadaan adalah :

1.  Aktiva Tetap
è barang-barang berupa peralatan yang dipergunakan secara langsung dalam usaha perusahaan, dimana memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun.
2.  Agen
è penjual barang yang ditunjuk oleh pabrikan/manufacture pembuat barang dan sudah mendapat surat tanda pendaftaran dari departemen perdagangan / perindustrian untuk suatu representasi (keagenan).

3.    Anggaran
è rencana pengeluaran dana yang disusun dengan pertimbangan rencana kegiatan dan kemampuan perusahaan selama satu periode tertentu / 1 (satu) tahun.
4.    Barang Consumable
è material sebagai bahan bantu yang diperlukan secara rutin dalam proses operasi Bongkar/muat & pelayanan yang habis dipakai, di mana sisanya memiliki nilai ekonomis yang sangat rendah.
5.    Barang Darurat n
è barang yang pengadaannya dituntut sesegera mungkin dan tidak dapat ditunda, dan keberadaannya ditunjukkan oleh Lembar Darurat.
6. Barang Irregular (Non Suku Cadang)
    è barang yang pemakaiannya tidak tetap dan diperlakukan untuk sekali           pakai oleh User, sehingga permintaan barang disesuaikan dengan kebutuhan dan tidak dibenarkan adanya stock di gudang.              
7. Barang Regular
è barang yang pemakaiannya berkelanjutan dan dapat diperhitungkan sebelumnya, terdiri atas Barang Suku Cadang dan Consumable. Barang-barang regular proses perencanaan pengadaan dan pengendalian sediaannya dilakukan oleh bagian Perencanaan Pengadaan. Secara umum, dikategorikan tiga kelas, yaitu :
ó    Fast Moving, pemakaian lebih dari 3 kali pengambilan per tahun
ó    Sporadic, pemakaian 2-3 kali pengambilan per tahun
ó    Slow Moving, pemakaian kurang dari 2 kali pengambilan per tahun
8. (Barang) Spare Part
è suku cadang yang diperlukan untuk pemeliharaan mesin-mesin operasi bongkar/muat agar kondisi mesin dapat terpelihara dengan baik dan beroperasi dengan Domest, dimana nilai per unitnya Domestic tinggi, dan masih memiliki sisa nilai ekonomis.
Spare part diklasifikasikan menjadi empat katagori :

À   Common Spare : bersifat umum dan karenanya mudah diperoleh (lead time pendek).
À   Critical Part : bersifat khusus, namun tidak vital atas kekosongannya (tidak perlu safety stock, hanya min. quantitiy), lead time tidak terlalu lama (< 2 bulan).
À   Insurance Part : bersifat khusus dan harus disediakan untuk berjaga-jaga, karena kerusakan suku cadang ini tidak dapat diramalkan secara pasti, tetapi bila terjadi trouble/kerusakan akan langsung mempengaruhi proses produksi. Hal ini mengingat umumnya Insurance Part merupakan Barang Spesifik dengan lead time yang panjang (lebih dari 2 bulan, dapat hingga 1 tahun).
À   Repairable / Reconditioned Part : bersifat khusus, namun dapat diperbaiki untuk memperoleh kinerja peralatan yang dibutuhkan, dengan biaya yang ekonomis.
9.    Barang Spesifik
     è barang yang memenuhi kriteria sebagai berikut :
2 Hanya terdapat satu sumber/manufaktur tertentu yang menjual barang tersebut, sesuai      dengan sifat kebutuhannya.
2 Sudah jelas manufactur atau pabrik pembuatannya.
2 Tidak ada/tidak dapat dibuat equivalennya yang sesuai atau substitusinya.
2 Tidak/belum dibuat dan direkayasa oleh workshop Domestic atau hanya workshop.        
2 luar negeri tertentu (perwakilannya yang dapat membuatnya).








             
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
PRAKTEK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)




Nama

: Sudarnita


Kelas
: 2 Teknik Komputer Jaringan


Divisi
: Pengadaan



Minggu ke-1

No

Tanggal
Devisi
Kegiatan
1.     
Senin
01 April 2013
Pengadaan
  • Merapikan Dokumen sesuai urutan nomor JO nya
  • Menmpel materai 6000 pada dokumen
  • Mengetik dokumen
  • Mengisi nomor surat dokumen
2.     
Selasa
02 April 2013
Pengadaan
  • Kegiatan pengajian bersama karyawan Pt. KBS
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Membenarkan dokumen yang telah diketik
  • Ngefax surat
3.     
Rabu
03 April 2013
Pengadaan
  • Memfoto copy dokumen
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Mencari SPK
4.     
Kamis
04 April 2013
Pengadan
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Mencari SPK
  • Ngefax surat
5.     
Jum’at
05 April 2013
Pengadaan
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Mencopy dokumen
  • Mencari SPK
  • Mengambil barang di gudang



Minggu ke-2

No

Tanggal
Devisi
Kegiatan
6.     
Senin
08 April 2013
Pengadaan
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Membereskan dokumen sesuai nomor JO nya
  • Ngefax surat
  • Mencari SPK

7
Selasa
09 April 2013
   Pengadaan
  • Kegiatan pengajian bersama karyawan Pt. KBS
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Membuat dokumen SPK
  • Mencatat data dokumen

  8
Rabu
10 April 2013
Pengadaan
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Mencopy dan membuet SPK
  • Foto copy Dokumen
  • Ngefax SPK
  • Menyusun Dokumen SPK
  • Mencari SPK

  9
Kamis
11 April 2013
Pengadaan
  • Ngefax surat
  • Membereskan dokumen sesuai nomor JO nya
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Memfoto copy, menyusun, dam membuat dokumen
  • Mencari SPK

  10        
Jum’at
12 April 2013
Pengadaan
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Mencopy dan menyusun SPK
  • Mencari nama kapal dan sesuai nomor JO nya
  • Merapikan dokumen sesuai nomor JO nya



Minggu ke-3

No

Tanggal
Devisi
Kegiatan
  11
Senin
15 April 2013
Pengadaan
  • Mencari SPK
  • Membereskan dokumen
  • Ngefax surat
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Bikin kardus
  • Mengambil, mencopy dan mengantarkan kembali dokumen anggaran ke bagian keuangan

  12
Selasa
16 April 2013
Pengadaan
  • Kegiatan Pengajian bersama karyawan PT. KBS
  • Mencopy memo dinas
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Mencopy, ngefax, dan menyusun SPK
  • Menulis surat keluar

  13
Rabu
17 April 2013
Pengadaan
  • Mencopy dan mengantarkan undangan rapat
  • Ngefax dan menyusun SPK
  • Mencari SPK
  • Mengetik dokumen

  14
Kamis
18 April 2013
Pengadaan
  • mengetik dokumen
  • menempel materai 6000 pada dokumen
  • mencari nomor JO
  • mencari dokumen sesuai nama kapal nya
  • mencopy, ngefax, dan menyusun SPK
  • memfoto copy dokumen
  15
Jum’at
19 April 2013
Pengadaan
  • menempel materai 6000 pada dokumen
  • ngefax dokumen
  • membereskan dokumen
  • mencari SPK
  • mencopy, ngefax dan menyusun SPK


Minggu ke-4


No

Tanggal
Devisi
Kegiatan
  16
Senin
22 April 2013
Pengadaan
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Mencopy, ngefax dan menyusun SPK
  • Merapikan dokumen sesuai nomor JO nya
  • Ngefax surat
  • Foto copy dokumen
  • Mencari dokumen nama kapal

  17
Selasa
23 April 2013
Pengadaan
  • Kegiatan pengajian bersama karyawan PT. KBS
  • Mencari nomor JO
  • Ngefax SPK
  • Mengantar dokumen ke bagian keuangan dan koperasi

  18
Rabu
24 April 2013
    Pengadaan
  • Menempel materai 6000 pada dokumen
  • Mencari SPK
  • Membereskan dokumen sesuai nomor JO nya
  • Ngefax surat

  19
Kamis
25 April 2013
Pengadaan
  • menempel materai 6000 pada dokumen
  • membereskan dokumen sesuai nomor Jo nya
  • ngefax dokumen
  • foto copy dokumen

  20
Jum’at
26 April 2013
Pengadaan
  • menempel materai 6000 pada dokumen
  • ngefax dokumen
  • mencari SPK
  • ngefax dan menyusun SPK
  • membereskan dokumen sesuai nomor JO nya



BAB IV

     Dengan rahmat Allah SWT penyusunan dapat menyelesaikan laporan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) ini dengan sangat baik dan tepat pada waktunya.

     Dalam penyusunan laporan Pendidikan Sistem Ganda ini penyusun banyak mendapat bimbingan dan pengarahan, baik itu dari pembimbing di PT. Krakatau Bandar Samudera, maupun guru pembimbing di sekolah, untuk itu penyusun mengucapakan banyak terima kasih kepada semua pembingbing yang telah memberikan bimbingan dan pengarahannya kepada penyusun sehingga Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yang berjalan dengan sangat baik.

     Penyusun menyadari bahwa laporan ini belum sempurna seperti yang telah di kemukakan oleh penyusun karena baru pertama kali pada awal pengantar pemberian penyusunan laporan ini.

     Akhirnya penyusun dapat berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi yang membaca umumnya dan khususnya bagi penyusun sendiri.


                                            
 
   Cilegon,30 April 2013




             SUDARNITA










                                                                                                                                         
TATA TERTIB PSG

1.     Praktikan harus mengenakan pakaian seragam yang diterapkan disekolah.
2.     Praktikan harus datang dan pulang praktik tepat pada   waktunya.
3.     Praktikan wajib mengisi daftar absensi yang di sediakan saat    datang maupun pulang.
4.     Praktikan harus mencatat semua pekerjaan kantor yang  ditugaskan kedalam buku jurnal.
5.     setiap akhir pekan buku jurnal  diserahkan kepada pembimbing untuk mendapatkan pengesahan.
6.     praktikan harus membuat surat pemberitahuan kepada pembimbing praktek, apabila berhalangan datang.
7.     Praktikan dilarang mengoprasikan segala peralatan produksi Dan saran komunikasi tanpa seijin pembimbing praktek.
8.     Praktikan wajib turun menegakan K-5 diseluruh kawasan    tempat PKL/ disebut juga PSG.
9.     Praktikan  dilarang membawa senjata tajam Dan bahan  bahan yang mudah meledak atau menimbulkan api.
10. Praktikan selama jam kerja dilarang:
       1. Merokok.
       2. Menggangu karyawan yang sedang bekerja



















LAPORAN PENILAIAN PEMBINGBING DARI DU/DI

       
DISIPLIN WAKTU




MOTIVASI KERJA




PRESTASI KERJA




INSIATIF & KREATIF




PRILAKU




 
                 

Keterangan :
A.Sangat baik
B.Baik
C.Cukup
D.Kurang

      
                                                             Cilegon  30 April 2013   
                                       
                                                                      Penyusun        


                                                         
                                                                     ( Sudarnita )

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

reni herawati mengatakan...

thanks ya,, postinganya sngat membantu :D

Posting Komentar